Google 'Tolak' Tokoh Indonesia


Screenshot Peringatan di Google (inet)

Jakarta - Semua 'tokoh asal Indonesia', mulai dari Jusuf Kalla hingga Soekarno, ditolak oleh Google. Alasannya? Mereka mungkin akan mengganggu komputer pengguna internet.

Tentunya bukan orangnya yang ditolak, melainkan halaman profil orang-orang terkenal di Indonesia yang terdapat di situs TokohIndonesia.com. Tepatnya, pada bagian ensiklopedianya saja.

Menurut informasi yang diterima , Jumat (25/7/2008), fitur Ensiklopedia pada situs Tokoh Indonesia itu dianggap oleh Google mengandung halaman yang bisa mengganggu pengguna internet. Akibatnya, akses hasil pencarian di Google yang merujuk ke halaman itu akan dihalang-halangi.

Data Safe Browsing Diagnostic dari Google menunjukkan ada 4 (empat) dari 99 halaman di bagian Ensiklopedia yang mengandung program berbahaya. Program jahat yang terdiri atas 3 trojan itu diperkirakan akan menginfeksi komputer pengguna secara diam-diam.

Google menandai sebuah situs sebagai mencurigakan atau berbahaya jika ditemukan adanya halaman yang mengandung program berbahaya. Seringkali program berbahaya itu dimasukkan oleh pihak tak bertanggungjawab melalui kelemahan pada situs.

Sebuah situs akan dimasukkan dalam daftar berbahaya, dan diblokir oleh Google, jika dalam 90 hari terakhir ditemukan adanya program jahat. Disebutkan bahwa terakhir kali ditemukan program jahat di situs itu adalah pada tanggal 15 Juli 2008.

Menurut data Google, program jahat disebut berasal dari domain 85.255.118.0 dan 85.255.117.0. Alamat Internet Protocols (IP) tersebut mengacu pada lokasi di Negara Ukraina.

Kasus serupa pernah menimpa situs-situs terkemuka di Indonesia, mulai dari Departemen Keuangan, situs televisi Metro TV dan HukumOnline.

0 Comment: