Tugas E-Technology SIM - 51005025

E- Technology

Definisi :
E –technology menurut saya, dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi yang ada sekarang ini kemudian membuat lagi teknologi yang baru serta mengembangkannya sehingga teknologi baru tersebut dapat lebih memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaanya.

Tujuan mempelajari e-technology : agar kita dapat mengetahui serta dapat mengikuti perkembangan teknologi yang akhir-akhir ini semakin pesat, seperti mulai dari teknologi handphone, komputer, serta perkembangan teknologi di dunia maya (internet).


Keuntungan e-technologi : teknologi yang semakin canggih akan lebih memudahkan manusia dalam menjalankan akivitasnya misalnya penggunaan teknologi teleconfrence pada suatu pertemuan yang dimana seseorang dapat saling berkomunikasi dan tatap muka walaupun jaraknya sangat jauh.

Kerugian : karena teknologi yang semakin canggih maka beberapa orang banyak melakukan penyimpangan dari teknologi tersebut salah satunya kejahatan lewat internet (cybercrime) yang sekarang ini lagi marak-maraknya contoh kasus seperti carding atau pencurian nomor kartu kredit milik orang lain dan digunakan dalam transaksi di internet, hacking dan cracking, dan lain sebagainya

Konsep gambaran e-technology yang saya ingin kembangkan yaitu membeli buku secara online :









Contoh diatas menggambarkan hubungan relasi antara si penulis buku, toko buku online, bank serta pembaca sehinnga terjadi suatu sistem transaksi penjualan. Prosesnya seperti :

Penulis membuat beberapa buku dan kemudian merilis serta memasang judul bukunya disertai sinopsis ceritanya pada toko buku online. Kemudian jika ada pembaca/pengunjung yang tertarik ingin membeli buku tersebut maka secara otomatis toko buku online tersebut pertama akan mengecek apakah buku tersebut masih tersedia di stock gudang, jika masih ada maka toko buku online akan meminta si customer agar memasukkan nomor rekening bank, dan begitu selesai penginputan, toko buku online tersebut akan mengkonfirmasi kepada bank bersangkutan apakah transaksi tersebut valid atau tidak. Jika Ya maka bank akan menkonfirmasi ulang ke toko buku online, dan dengan segera toko buku online akan menanyakan kepada si customer apakah buku tersebut akan diambil sendiri ataukah diantar sampai kerumah. Jika memilih diantar, maka toko buku online akan meminta pada bagian delivery untuk mengambil buku tersebut di stock gudang dan mengantarkannya ke rumah customer.

Kendala :
Masih kurangnya minat si pembaca untuk mengunjungi toko buku online, dikarenakan masih kurangnya judul buku yang dipasang di toko buku online atau sulitnya mencari buku yang sudah agak lama dikeluarkan dibandingkan dengan pergi langsung ke toko buku yang nyata.

Solusi :
Mengadakan kerjasama dengan beberapa penerbit, sehingga begitu ada buku baru yang dikeluarkan maka secara otomatis akan masuk ke dalam daftar buku toko buku online.

0 Comment: